Sabtu, 28 Agustus 2021

LATIHAN SOAL PTS X TKJ SEMESTER GANJIL 2021

 


A.     Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e !

1.     Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah ....

A.    membuat program

B.    membuat algoritma

C.    membeli komputer

D.    proses

E.    mempelajari program

2.     Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah   masalah di sebut ....

A.    proses

B.    program

C.    algoritma

D.    step

E.    diagram

3.     Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa ....

A.    bahassa inggris

B.    bahasa puitis

C.    bahasa pemograman

D.    sembarang bahasa asal terstruktur

E.    bahasa mesin

4.     Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat ....

A.    sebelum pembuatan program

B.    pada saat program dibuat

C.    sesudah pembuatan program

D.    pada saat verifikasi program

E.    pada saat di jalankan

5.     Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

A.    masalah-pseudocode-flowchart-program-eksekusi-hasil

B.    masalah-algoritma-flowchart-program-eksekusi-hasil

C.    masalah-model-algoritma-eksekusi-hasil

D.    masalah-model-algoritma-program-eksekusi-hasil

E.    algoritma-program-model-eksekusi-hasil

6.     Satuan untuk mengukur resolusi gambar adalah...

A.    bit                                                                 

B.    pixel

C.    byte                                                              

D.    candela

E.    bps

7.     Salah satu kelemahan dari desain grafis bitmap adalah jika di perbesar akan terlihat..

A.    lingkaran-lingkaran kecil

B.    kotak-kotak

C.    tidak berubah

D.    lebur

E.    hancur

8.     Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua, yaitu ….

A.    Tiff dan JPEG

B.    Bitmap dan Vektor

C.    Doc dan exl

D.    Pixel dan titik

E.    Wma dan docx

9.     Titik-titik penyusun image bitmap dikenal dengan istilah ….

A.    Vector                                                          

B.    Pixel

C.    Tiff                                                               

D.    Gif

E.    JPEG

10.  Jenis image yang disusun tidak dari pixel-pixel, namun dari objek garis dan kurva dengan perhitungan metematis mengenai tata letak, urutan, luas, warna, dan sebagainya adalah ….

A.    Bitmap                                                         

B.    Jpeg

C.    Vektor                                                          

D.    Pixel

E.    Tiff

11.  Yang bukan merupakan perangkat masukan  (input device) dari kumpulan nama perangkat keras berikut ini adalah ....

A.     Keyboard

B.     Mic

C.     Scanner

D.     Mouse

E.      Monitor

12.  Pilihlah yang bukan merupakan perangkat pemroses (proccessing device) dari kumpulan nama perangkat keras berikut ini:

A.    Proccessor

B.    Ram

C.    Sound card

D.    VGA card

E.    DVD Drive

13.  Pilihlah yang bukan merupakan perangkat Keluaran (output device) dari kumpulan nama perangkat keras berikut ini:

A.    Monitor

B.    Web Camera

C.    Printer

D.    LCD Projector

E.    Speaker

14.  Bilangan biner adalah bilangan yang berbasis ….

A.    Bilangan yang berbasis 2 yaitu 1 dan 2

B.    Bilangan yang berbasis 2 yaitu 0 dan 1

C.    Bilangan yang berbasis 10 yaitu 0 – 9

D.    Bilangan yang berbasis 8 yaitu 0 – 7

E.    Bilangan yang berbasis 16 yaitu 0 – 15

15.  Komponen non fisik untuk menjalankan, mengendalikan dan mengatur proses oleh perangkat keras komputer adalah ....

A.    Brainware  

B.    Mailware

C.    Hardware  

D.    Software

E.    Malware

16.  Papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen - komponen komputer adalah ...

A.    Mouse

B.    Keyboard

C.    Motherboard

D.    Processor

E.    Harddisk

17.  Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan berkapasitas besar adalah ...

A.    Mouse

B.    Keyboard

C.    Motherboard

D.    Processor

E.    Harddisk

18.  Perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer adalah ...

A.    Mouse

B.    Keyboard

C.    Motherboard

D.    Processor

E.    Pc cooler/heatsink fun

19.  Perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen - komponen lain seperti Motherboard adalah ...

A.    VGA

B.    Motherboard

C.    Processor

D.    Pc cooler/heatsink harddisk

E.    Power supply

20.  Perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun induksi yang dilakukan oleh Processor adalah ...

A.    VGA

B.    RAM

C.    Processor

D.    Pc cooler/heatsink harddisk

E.    Soundcard

B.      Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

       1.     Sebutkan 5 unsur – unsur tata letak dalam desain grafis!

       2.     Sebutkan 4 simbol flowchart beserta fungsinya masing – masing!

       3.     Sebutkan dan jelaskan perangkat keras komputer !

       4.     Apa yang dimaksud dengan K3LH ?

       5.     Konversikan bilangan di bawah ini :

a. 134 (10) = . . . (2)

b. 10101 (2) = . . . (10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH SOAL HOTS UJIAN SEKOLAH TKJ 2023-2024

  I.         PILIHAN GANDA 1.      Perangkat jaringan yang berfungsi untuk melakukan filtering packet yang melewati jaringan, sehingga kit...